Skip to main content

10 Contoh Laporan Tugas Akhir yang Wajib kamu Miliki Khusunya untuk Jurusan Teknik Informatika

loading...


Keyword : Kota Banjar, Android, Google Maps, pariwisata. 
Url : 
Sejalan dengan perkembangan suatu kota, pariwisata adalah jantung identitas dan ciri khas sebuah kota. Seperti pada umumnya kota-kota di Indonesia, Pemerintah Kota Banjar berupaya untuk menambah dan mengelola pariwisata sebaik mungkin. Hal ini diwujudkan oleh pihak Kota Banjar seperti pembangunan Bendungan Situ Leutik, pengelolaan objek wisata Situ Mustika, pembangunan rest area dengan jajanan khas sunda bagi pengendara luar kota yang hendak singgah, dan wisata air Banjar Water Park yang berada di tempat strategis. Berdasarkan data yang didapat dari Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Banjar, terdapat penurunan kunjungan wisatawan ke Kota Banjar yang cukup signifikan. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya penyebarluasan informasi mengenai objek wisata, tempat kuliner, dan akomodasi yang tersedia di Kota Banjar. Penyajian informasi pariwisata Kota Banjar yang interaktif dan menarik merupakan hal yang sangat penting dilakukan guna optimalnya promosi pariwisata untuk meningkatkan daya saing Kota Banjar. Melihat dari kemampuan dan fitur smartphone yang semakin canggih serta dukungan dari sistem operasi Android maka penelitian ini bermaksud untuk melakukan pembangunan aplikasi yang memuat berbagai hal mengenai pariwisata Kota Banjar seperti informasi objek wisata beserta lokasinya, pemanfaatan virtual reality yang dapat memberikan pengalaman baru bagi pengguna dengan menampilkan pemandangan 360 derajat tempat-tempat khas di Kota Banjar, informasi mengenai akomodasi dan jajanan kuliner yang tersedia, pemanfaatan Google Maps untuk menunjukkan lokasi objek wisata. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode black box untuk menguji fungsionalitas program yang dibuat. Berdasarkan hasil pengujian sistem, maka diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang dibangun dapat berjalan dengan baik dengan fungsionalitas melihat informasi dan lokasi objek wisata yang terdapat di kota Banjar, informasi tempat kuliner dan akomodasi, dan informasi kegiatan yang diselenggarakan di Kota Banjar.
Alternative :

In line with the development of a city, tourism is the heart of the identity and characteristics of a city. As in most cities in Indonesia, the Government of Banjar City is working to manage tourism as good as possible. This is manifested by the Government of Banjar City such as developing Bendungan Situ Leutik, managing Situ Mustika, build rest areas with typical Sundanese snacks for riders outside the city who want to stop by, and Banjar Water Park attractions which is located in a strategic place. Based on the data obtained from the Department of Youth, Sports and Tourism of Banjar, there is a decrease in tourists visiting the city of Banjar significantly. This is caused by the lack of spreading information about tourist attractions, culinary, and accommodations available in Banjar. By viewing from the capabilities and features of smartphones which become more sophisticated and the support of the Android operating system, this study intends to develop an application that includes a variety of things on tourism in Banjar City such as information of tourist attractions and its location, the use of virtual reality to provide new experiences for users by displaying 360-degree view of the typical places in Banjar, information about accommodation and culinary snacks available, the use of Google Maps to show the location of tourist attractions. Tests was carried out using black box method to test the functionality of the program. Based on the results of testing the system, it can be concluded that the system can work well with the functionality to view information and tourist attractions located in Banjar City, information about culinary and accommodation , and news about event or activities organized in Banjar City.

Keyword : Kebudayaan, Korea Selatan, Android, Aplikasi Mobile 
Url :
Setiap Negara didunia mempunyai kebudayaan yang berbeda sebagai ciri identitas. Perbedaan budaya tersebut adalah suatu hal yang unik untuk dipelajari dan dipahami. Setiap negara memiliki norma dan etika yang termasuk kedalam kebudayaannya. Sebagian besar orang yang hendak pergi ke luar negeri tentunya harus mengetahui dan mengenal terlebih dahulu apa saja dan bagaimana kebudayaan negara yang menjadi tujuan. Dalam melakukan penelitian, metode deskriptif dipilih sebagai penunjang untuk mengumpulkan informasi mengenai gejala yang ada sebelum dan saat penelitian dilakukan. Untuk membangun Aplikasi Panduan Kebudayaan Korea Selatan ini sendriri, menggunakan bahasa pemrograman Java dengan Integrated Development Environment (IDE) Android Studio. Sedangkan untuk metodologi penelitian, dipilih metodologi waterfall. Dengan dibangunnya aplikasi panduan kebudayaan korea selatan berbasis android ini dapat membantu dan mempermudah warga negara Indonesia yang hendak tinggal di Korea Selatan baik untuk waktu yang sebentar maupun dalam waktu yang lama dalam mempelajari kebudayaan Korea Selatan secara cepat, tepat, efisien dan mudah.
Description Alternative :
Every country in the world has a different culture as an identity. The difference is a unique thing to be learn and understood. Each country has its norms and ethics are included into the culture. Most people who want to go abroad would have to find out and know in advance what and how culture from destination countries. When doing research, the descriptive method chosen as a support to gather information about the symptoms that existed before and the time of the research. To build Android Application For Culture Guide In South Korea, using the Java programming language with the Integrated Development Environment (IDE) Android Studio. As for the methodology of the research, selected the waterfall methodology. With the build of Android Application For Culture Guide In South Korea applications based on Android to be assist and facilitate Indonesian citizens who want to live in South Korea both for a short time or a long time who want learn South Korean culture by quickly, accurately, efficiently and easily.


Keyword : Customer relationship Management, Pangsa Pasar, Simple Additive
Url : 
CV Cantik Kreasi merupakan perusahaan bisnis butik yang bergerak di bidang penyewaan kebaya, jas, dan aksesoris pakaian tradisional yaitu boustier dan blouse dengan brand Adity Boutique. Butik ini selain menyediakan kebaya, jas, dan aksesoris juga menyediakan bahan pakaian. Melihat dari keinginan perusahaan yang akan melakukan pembukaan cabang baru jika omset sudah melebihi dari Rp.650.000.000 juta dan dalam periode 1 (satu) tahun, akan tetapi CV Cantik Kreasi memiliki kendala saat ingin melakukan pembukaan cabang baru dimana Manager Marketing memiliki kendala dalam menentukan daerah kota/kab mana yang memiliki pangsa pasar yang tinggi dan berpotensi untuk dibukanya cabang baru. Melihat dari permasalahan yang sudah dipaparkan perlu adanya analisis pangsa pasar dan segmentasi pasar terhadap pelanggan CV Cantik Kreasi dengan menggunakan pendekatan Customer Relationship Management (CRM). Adapun metode yang akan digunakan untuk menentukan daerah kota/kab untuk pembukaan cabang baru ini yaitu Simple Additive Weight (SAW). Berdasarkan hasil pengujian blackbox, user acceptence test (UAT) dan wawancara dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu bagian Manager Marketing dalam menentukan daerah kota/kab yang memiliki potensi pangsa pasar yang tinggi untuk dilakukannya pembukaan cabang baru agar dapat menarik pelanggan baru.
Description Alternative :
CV Cantik Kreasi is a boutique business company engaged in leasing kebaya, suits, and accessories of traditional clothing that is boustier and blouse with Adity Boutique brand. This boutique in addition to providing kebaya, suits, and accessories also provide clothing materials. Judging from the wishes of the company that will open a new branch if the turnover has exceeded Rp.650.000.000 million and in the period of 1 (one) year, but CV Cantik Kreasi has constraints when you want to open a new branch where Marketing Manager has constraints in determining Which city / kab region has high market share and potential for opening new branches.. Looking at the problems that have been exposed to the need for market segmentation analysis and market segmentation of customers CV Creative Creation using Customer Relationship Management (CRM) approach. The method that will be used to determine the area of the city / kab for the opening of this new branch is Simple Additive Weight (SAW). Based on the results of blackbox testing, user acceptence test (UAT) and interviews can be concluded that this system has helped the Marketing Manager in determining the area of town / kab that has a high market share potential for the opening of new branches in order to attract new customers.


Keyword : Supply Chain Management, Single Exponential Smoothing, Safety Stock.
Url : 
CV.Mekar Sari merupakan perusahaan industri yang bergerak dalam pembuatan Kecap, Saus dan Cabai giling. Pada perusahaan ini terdapat dua proses bisnis yaitu di hulu dan juga hilir, pada bagian hulu perushaaan ini memiliki permasalahan yang berkaitan dengan pengadaan bahan baku kepada supplier. Dan dibagian hilir perusahaan ini mengalami kesulitan dalam proses distribusi produk kepada pelanggan. Berdasarkan permasalahan yang ada pada saat ini di CV.Mekar Sari, maka dibutuhkan suatu Supply Chain Management dengan tujuan yaitu memudahkan dalam menentukan jumlah pengajuan bahan baku kepada Supplier dan memudahkan dalam penjadwalan pendistribusian produk kepada pelanggan. Metode yang digunakan untuk peramalan bahan baku adalah single exponential smoothing dan prediksi ketersediaan bahan baku di gudang menggunakan metode pengamanan persediaan (safety stock). Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem yang telah dibangun dapat memudahkan kepala bagian gudang dan pengadaan dalam menentukan jumlah pengajuan bahan baku kepada supplier, dan memudahkan kepala bagian pemasaran dalam menjadawalkan pendistribusian beserta kendaraan yang digunakan sekaligus dapat menentukan pelanggan mana yang terlebih dahulu dikirim dengan pertimbangan jarak terdekat.
Description Alternative :
CV.Mekar Sari is an industrial company engaged in the manufacture of soy sauce, sauce and chili. In this company there are two business process that is in upstream and also downstream, at upstream of this perushaaan have problem relating to procurement of raw material to supplier. And downstream the company has difficulty in the process of distributing products to customers. Based on existing problems at CV.Mekar Sari, it needs a Supply Chain Management with the aim of facilitating in determining the amount of raw material submissions to Supplier and facilitate in scheduling the distribution of products to customers. The method used for raw material forecasting is single exponential smoothing and prediction of availability of raw materials in the warehouse using the method of securing the inventory (safety stock). Based on the test results can be concluded that the system has been built to facilitate the head of the warehouse and procurement in determining the number of submissions of raw materials to suppliers, and facilitate the head of marketing in scheduling distribution and vehicles used at once can determine which customers first sent with the consideration of distance Nearest.


Keyword : Sistem Informasi Manajemen Disrtribusi Produk, Peramalan Single Moving Average, Metode Distribution Requirement Planning (DRP), User Acceptance Test (UAT). 
Url :
PT Sinar Sosro KPW Jabar Selatan Kantor Penjualan (KP) Area Bandung merupakan Kantor Perwakilan Wilayah yang menangani proses pengiriman produk Sosro (minuman ringan non alkohol), kepada pelanggan tetapnya yang berada di wilayah Kota Bandung. Berdasarkan hasil wawancara, permasalahan yang sedang dihadapi Kepala Gudang yaitu kesulitan menentukan jumlah stok produk dalam peramalan pengadaan produk untuk periode selanjutnya. Selain itu, Sales Supervisor (SPV) kesulitan dalam menjadwalkan proses pengiriman produk agar produk datapat terangkut selama proses pendistribusian dan dapat memenuhi pesanan pelanggan Berdasarkan permasalahan yang terjadi, solusinya adalah bagaimana membangun sistem informasi manajemen distribusi produk. Peramalan pengadaan produk dilakukan menggunakan perhitungan Single Moving Average, serta menggunakan metode Distribution Requirement planning (DRP) untuk menentukan kerangka pengadaan produk dan penjadwalan distribusi berdasarkan aturan bisnis yang ada di perusahaan. Berdasarkan pengujian Blackbox,UAT (User Acceptance Test) dan Beta didapatkan hasil bahwa sistem sudah cukup membantu membantu dalam menentukan jumlah pengadaan produk pada periode selanjutnya. 
Description Alternative :
PT Sinar Sosro KPW South Jabar Sales Office (KP) Bandung Area is the Regional Representative Office that handles the delivery of Sosro (non-alcoholic soft drinks) products, to its regular customers located in Bandung City area. Based on the results of interviews, the problems faced by Head Warehouse is difficulty determining the amount of product stock in forecasting of product procurement for the next period. In addition, Sales Supervisor (SPV) difficulties in scheduling the product delivery process so that the product can be transported during the distribution process and can fulfill customer's order Based on the problems that occur, the solution is how to build a product management information distribution system. Product procurement forecasting is done using Single Moving Average calculation, and using Distribution Requirement planning (DRP) method to determine product procurement framework and distribution scheduling based on business rules in company. Based on testing Blackbox, Beta and UAT (User Acceptance Test) obtained the results that the system is enough help assist in determining the number of procurement of products in the next period.



Keyword : Pasien, Pendaftaran, Pembayaran, RFID, Puskesmas.
Url : 
Puskesmas Bojong Nangka merupakan salah satu pusat pelayanan kesehatan masyarakat yang ada di kawasan Kabupaten Tangerang. Sebagai salah satu instansi pemerintah yang dikhususkan untuk kesehatan, Puskesmas bertugas untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Pengunjung pada Puskesmas Bojong Nangka yaitu ±150 orang/hari, dengan banyaknya pengunjung yang ada pada puskesmas Bojong Nangka diperlukan suatu sistem yang dapat membantu menangani penumpukan pasien yang datang. Untuk keperluan penanganan antrian tersebut, teknologi RFID digunakan untuk memudahkan pasien yang ingin mendaftarkan dirinya berobat. Pendaftaran dapat dilakukan ke poliklinik yang di tuju dan teknologi ini juga dapat menggantikan sistem pembayaran yang sebelumnya menggunakan uang konvensional menjadi pembayaran elektronik atau biasa disebut e-money. Berdasarkan pengujian fungsional dan pengujian pengguna, bahwa sistem RFID sudah membantu Puskesmas dalam proses pendaftaran, antrian, dan pembayaran.
Alternative :
Bojong Nangka Puskesmas is one of the community health centers in Tangerang Regency jurisdiction. Being one of the public instances specialized for health, the Puskesmas (community health center) has a duty of providing maximal services. The visitors to Bojong Nangka Puskesmas are ±150 persons/day. Given the many visitors, it needs a system capable of handling the accumulation of patients. To overcome the queue, RFID technology has been used to facilitate those patients who want to register themselves for medical examination. The registration can be made at the intended polyclinic, and the technology can also substitute the previously used conventional money payment system with an electronic payment system, or commonly called e-money. Based on both functional and user tests, the RFID system aided the Puskesmas in registration, queuing, and payment processes.



Keyword : Manajemen Proyek, Sistem Informasi, Critical Path Method, Earned Value Management, Expected Monetary Value, Probabbility Impact Matrix
Url : 
CV. Mukti Jaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi. Dari beberapa proyek yang dikerjakan sebelumnya terdapat permasalahan yang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya tidak adanya jadwal pekerjaan yang baku sehingga tidak dapat diketahui hubungan antara satu pekerjaan dengan pekerjaan yang lainnya yang dapat memperlambat jalannya proyek, tidak adanya sistem yang bisa membantu penanggung jawab teknis untuk mengawasi kesesuaian pengerjaan proyek dengan rencana baik dari segi biaya maupun waktu, hingga belum adanya manajemen risiko yang baik yang dapat mengidentifikasi dan menghitung biaya untuk setiap risiko yang mungkin terjadi dan bisa menghambat jalannya proyek. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dibutuhkan sebuah Sistem Informasi Manajemen Proyek untuk menangani jadwal perencanaan proyek, pengawasan biaya dan waktu, dan pengelolaan risiko. Metode Critical Path Method (CPM) digunakan untuk perencanaan jadwal dan menemukan jalur kritis suatu proyek. Metode Earned Value Management (EVM) digunakan untuk pengawasan biaya dan waktu proyek. Sedangkan untuk mengidentifikasi risiko beserta tingkat risiko yang muncul menggunakan metode Probability Impact Matrix (PIM), dan untuk menghitung biaya dari masing-masing risiko menggunakan metode Earn Value Management (EMV). Berdasarkan hasil wawancara dan pengujian, sistem yang dibuat sudah cukup membantu Penanggungjawab Teknis dalam membuat rencana jadwal proyek dengan mengetahui jalur kritis pekerjaan, yaitu pekerjaan mana yang tidak boleh di tunda, mengawasi proyek apakah sesuai rencana atau tidak baik dari segi biaya maupun waktu dan mengidentifikasi risiko beserta biaya proyek sebelum proyek dilaksanakan.
Description Alternative :
CV. Mukti Jaya is one of the companies engaged in the field of conctruction service. From several previous tenant there are problems that are cause by several factors, such as there is no standard work schedule that cannot be known the relationship beetwen one job and another job that can delay the course of project, there is no system that can support the technical responsible to oversee the suitability of project work with plans interm of both cost and time, until there existence of good risk management that can identify and calculate the cost for any risk that may occur and may haper the course of the project Based on the exixting problems, a project management system is needed to handle project planning schedule, cost and time monitoring , and risk management. The Critical Path (CPM) method is used for scheduling planning and finding the critical path of the project. Earn Value Management (EVM) method is used for cost control and project time. Meanwhile, to identify the risk along with the risk that appear using the Probability Impact Matrix (PIM) method, and to calculate the cost of each risk using Earn Value Management (EMV). Based on the result of interview and testing, the system created is enough to assist the Technical Responsible in preparing the project schedule plan by knowing the critical path or work, i.e wich work should not be delayed, overse the project whether appropriate or not in term of cost as well time, and identify risks with project costs before the project was implemented. 



Keyword : android, photo tagging, dokumentasi, analisis nitrogen
Url : 
Dokumentasi merupakan catatan peristiwa yang telah lalu, baik itu dalam bentuk tulisan, gambar, dan lain sebagainya. Dokumentasi biasanya digunakan dalam sebuah laporan pertanggung jawaban dari sebuah acara seperti halnya yang dilakukan oleh pihak Dinas Pangan Kabupaten Majalengka ketika melakukan kegiatan. Dokumentasi yang dihasilkan oleh pihak dinas yaitu dalam bentuk gambar atau foto. Permasalahan yang muncul adalah kurangnya informasi yang didapat dari foto hasil dokumentasi tersebut dan sering kali foto tersebut tercecer dan tidak terorganisir, yang menyebabkan petugas pembuat laporan kesulitan dalam mencari dan mengetahui informasi kegiatan yang dilakukan dari foto tersebut. Disamping itu, seiring perkembangan teknologi, pihak Dinas Pangan Kabupaten Majalengka juga ingin menerapkan teknologi yang dapat membantu petugas dalam menganalisis kebutuhan nitrogen pada tanaman padi, sehingga pemberian pupuk nitrogen yang dilakukan dapat lebih efektif dan efisien. Dalam penelitian ini membahas mengenai pembangunan aplikasi berbasis mobile android untuk membantu pihak Dinas Pangan Kabupaten Majalengka dalam mengelola dan melakukan dokumentasi dengan memanfaatkan fitur photo tagging. Aplikasi ini juga dapat menganalisis dan merekomendasikan kebutuhan nitrogen pada tanaman padi berdasarkan warna daun padi tersebut yang ditangkap melalui kamera smartphone pengguna. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, baik dari segi pengujian blackbox maupun dari pengujian beta. Dari hasil pengujian akurasi yang dilakukan, tingkat akurasi aplikasi dalam menganalisis dan merekomendasikan kebutuhan nitrogen secara rata-rata adalah 66,67%.
Description Alternative :
Documentation is a record of past events, which is in the form of text, images, and others. Documentation is usually used in an accountability report of an event as is done by the Food Department of Majalengka Regency when conducting activities. The resulting documentation is in the form of images or photos. The problem that arises is the lack of information obtained from the photos of the documentation and the photos are often scattered and disorganized, which caused the reporting officer difficulty to finding and knowing the activity information carried out from the photo. In addition, as technology develops, the Food Department of Majalengka Regency also wants to apply technology that can help the officers to analyze nitrogen needs of rice crops, so that nitrogen fertilizer can be done more effectively and efficiently. In this study discuss about the development of android mobile application for helping the Food Department of Majalengka Regency to managing and performing documentation by utilizing the photo tagging feature. This application can also analyze and recommend nitrogen fertilizer needs of rice crops based on the color of the rice leaf that is captured through the user's smartphone camera. Based on the test results performed, it can be concluded that the application already built run well and as expected, both in terms of black box testing and beta testing. From the results of testing the accuracy that has been performed, the level of accuracy of the application in analyzing and recommending the nitrogen fertilizer needs of rice crops on average is 66,67%.


Keyword : Media Sosialisasi, Narkoba, Badan Narkotika Nasional, Adventure Game, Android.
Url : 
Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Dewasa ini narkoba telah tersebar luas di Indonesia dengan beragam jenis dan bentuk. Menurut dokumen Badan Narkotika Nasional tahun 2014, sebanyak 20.37% pengguna narkoba adalah pelajar dan mahasiswa. Peran Badan Narkotika Nasional dalam pencegahan dan pemberantasan sangatlah besar, pasalnya masyarakat yang masih awam memerlukan sosialisasi tentang jenis dan bahaya narkoba. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya bahwa metode game sangat cocok untuk dijadikan media untuk menyampaikan materi. Dengan banyaknya remaja yang menggunakan Android sebagai teknologi mobile di Indonesia, Android menjadi platform yang paling cocok untuk diterapkannya game sosialisasi ini. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya bahwa metode game sangat cocok untuk dijadikan media untuk menyampaikan materi. Setelah dilakukan implementasi, pengujian alpha dan beta dapat disimpulkan bahwa game sosialisasi ini dapat membantu pengguna dalam mengenal jenis, dampak narkoba dan memberikan gambaran tentang akibat yang didapatkan apabila menggunakan narkoba serta membantu pihak Badan Narkotika Nasional dalam mensosialisasikan narkoba kepada anak.
Description Alternative :
Drugs are shot for narcotics and hazardous substances. Currently the drugs has spread widely in Indonesia with various types and forms. According to the National Narcotics Agency document from 2014, as many as 20.37% of drug users are student. The role of the National Narcotics Agency in the preventaion and eradication is very important, because the citizen who still lay need socialization about the types and dagers of drugs. Based on the results of previous research that the game method is very suitable to be used as media to deliver the material. With so many teenagers using Android as mobile technology in Indonesia, Android becomes the most suitable platform for the implementation of this socialization game. After the implementation, apha and beta testing can be concluded that this socialization game can help users in knowing the type, impact of drugs and provide an overview of the effects obtained when using a drugs.


Keyword : supply chain management, pull supply chain, make-to-order, Just In Time. 
Sevti Transfomer (Trafo) adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri untuk berbagai pekerjaan khusus barang-barang yang terbuat dari Kawat email, koker, kern. Barang/jasa dagangan utamanya yang terdiri dari alatalat listrik yaitu trafo jenis kva, ampere, phasa, dan produk produk terafo lainya. Sevti Transfomer menggunakan strategi make to order yakni proses pembelian bahan baku dari supplier dan proses produksi dilakukan jika ada pemesanan dari pelanggan. Perusahaan hanya akan melakukan proses produksi bilamana telah ada pemesanan dari pelanggan. Perusahaan mengalami kesulitan ketika pelanggan sudah melakukan pemesanan dan jadwal produksi sudah harus dibuat tetapi pengiriman bahan baku membutuhkan waktu yang lama yaitu satu sampai dua hari.Lamanya waktu tunggu mengakibatkan proses produksi terhambat. Perusahaan juga belum mempunyai hitungan yang tepat untuk menetukan tanggal selesai pada saat pemesanan pelanggan. Strategi Supply Chain yang digunakan adalah pull supply chain, karena pemesanan bahan baku dan produksi baru dilakukan setelah adanya permintaan dari pelanggan dan benar-benar dilakukan atas pemintaan pelanggan atau bisa disebut make to order. Metode yang digunakan Just In Time dikarenakan untuk mempermudah perusahaan dalam hal menentukan jumlah bahan baku yang harus disediakan agar proses produksi bisa berjalan dengan lancar dan saat produksi bisa memaksimalkan produktifitas agar bahan baku yang di beli ke supplier terpakai semuah dan tidak ada sisa pada saat selesai produksi. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu mengelola daftar pesanan produk dari pelanggan, membantu memperkirakan jumlah pemesanan bahan baku ke supplier dan membantu dalam menentukan jadwal pengiriman beserta jenis pengiriman yang digunakan.
Description Alternative :
Sevti Transfomer (Trafo) is one of the companies engaged in the industry for a variety of special work items made of email Wire, koker, kern. Main merchandise / service consisting of electrical equipment that is transformer type kva, ampere, phasa, and other products terafo products. Sevti Transfomer uses the make-to-order strategy that is the process of purchasing raw materials from the supplier and the production process is done if there is order from the consumer. The company will only perform the production process if there has been order from the consumer. The company has difficulty when the customer has made the order and production schedule has to be made but the delivery of raw materials takes a long time which is a day or two days. The Length of waiting time resulted in the inhibition of the production process. The company also does not yet have a proper count to determine the date of completion at the time of the customer's order. Supply Chain strategy used is pull supply chain, because the ordering of raw materials and production will be done after the request of the consumer and based on consumer demand or can be called make to order. The method used is Just In Time due to facilitate the company to determine the amount of raw materials that must be provided for the production process can run smoothly and when production process can maximize productivity for raw materials purchased from suppliers can be used all and no residual at the time of completion of production . Based on the test results can be concluded that this system has helped to manage the list of product orders from consumers, assist in estimating the number of ordering of raw materials to suppliers and assist in determining the delivery schedule and the type of delivery used.

loading...

Comments

POSTINGAN POPULER

Biodata Lengkap Ceng Zam-Zam

 Asalamualaikum,. Hallo Sazam comunity dan para sobat-sobat ku, Sekarang saya mau menulis nieh beberapa Info dan Biodata Ceng zamzam, "Lupa sama temen tuh hal biasa, tapi kalo Lupa sama Ceng zamzam Mana Bisa?" bner gak? hhe.. jangan lupa yah mampir terus ke blog ini.. ya sudahlah Ayo kita Lihat-Lihat Nieh biodata dan Info tentang Ceng Zamzam   Nama Lengkap : Ahmad Zamzam Zainal Mutaqin  Nama Panggilan : Ceng zamzam Atau Azam  Kelas : 10 berinjak ke 11  Anak ke : 1 dari 3 bersaudara Hoby : Mengaji, Olahraga, dll Cita-Cita : Dokter atau Ilmuan T,T,L : Garut,05-Desember-1995 No HP : (0......) Nama Fb : Ceng Zamzam N.twitter : @Ceng Zamzam Alamat    :Kp.Babakan sukaluyu                  Desa.suka Mukti Rt/04 Rw/04                  Kec.Cilawu,Garut-Jawa barat,Indonesia N.pesantren Ceng Zamzam : Madrasah Ashidiqiyyah Prestasi Ceng zamzam : 1.Tahun 2008    Juara I Tilawah Anak-Anak Tingkat NASIONAL Pada FASI (Festival Anak Sholeh)_Di Bekasi 2.Tahun 2009

SAKADANG PEUCANG JEUNG BUAYA

Sakadang Buhaya keur moyan di sisi walungan. Jol sakadang Peucang. “Rék naon Sakdang Peucang ka dieu? Rék maling cai, nya? Di leuweung euweuh cai. Da halodo banget.” Jawab Peucang, “Kuring mah tara nginum deui cai walungan. Komo ayeuna keur saat. Nya teu ngeunah nya loading... kiruh. Ayeuna mah nginum téh cai kalapa. Nya beresih nya ngeunah. Amis.” “Rék naon atuh kadieu?” cék Buhaya. Omong Peucang, “Tadina mah rék ngalalajoan kulit sampéan. Resep ting gareret, hérang. Komo mun katojo ku panonpoé. Euweuh baé nu kulitna alus saperti kulit sampéan. Ngan geuning bet kotor. Pinuh ku leutak.” Omong Buhaya, “Walungan saat. Kuring teu bisa teuteuleuman pikeun meresihan tonggong.” “Emh, lebar. Kulit saalus-alus jadi kotor. Kumaha mun diberesihan ku kuring” ceuk Peucang. “Nya sukur baé ari daek mah,” jawab Buhaya, “kumaha caranya?”, ceuk Buhaya keneh “Kulit tonggong sampéan dikumbah ku kuring. Tapi caina kudu anu beresih. Tuh di tengah!, ceuk Peucang “Pek atuh. G

Sistem Monitoring Dan Pengendalian Beban Daya Listrik Solar Home System (SHS) Menggunakan Mikrokontroler VIA Internet Of Things (IOT)

Pada bab ini akan dijelaskan tentang perancangan system monitoring dan pengendali beban solar home system (SHS) atau pembangkit listrik tenaga surya untuk perumahan. Fungsi dari sistem pengontrolan dan monitoring pada SHS ini yaitu untuk mempermudah pengguna dalam mengatur konsumsi daya yang digunakan sehingga pengguna dapat memaksimalkan pemakaian SHS. Blok diagram merupakan gambaran dasar dari sistem yang akan dirancang. Blok diagram ini dibuat agar mempermudah memahami cara kerja dari sistem yang telah dibuat. Gambar  1. Blok Diagram Sistem Monitoring dan Kontrol SHS     Garis yang berwarna merah merupakan system kerja dari solar home sytem, sedangkan garis yang berwarna biru merupakan alur sistem control dan monitoring SHS. Secara sederhana cara kerja dari solar home system ini adalah sebagai berikut:  1. Panel Surya Panel surya akan mengubah sinar matahari yang mengenai setiap sel surya menjadi arus dan tegangan, namun nilainya tidak konstan. Besar kecil

Bagaimana Cara Membuat CNC dengan menggunakan Arduino

Membuat CNC dengan menggunakan Arduino Proyek ini adalah tentang Bagaimana membuat mesin CNC mini dari OLD SCRAP DVD Drives menggunakan Arduino sebagai otak dari mesin CNC mini ini dan L293D Motor shield digunakan sebagai driver penggerak motor itu sendiri. Sangat menakjubkan melihat bagaimana mesin kecil ini menggambar gambar dengan sangat baik dengan akurasi yang baik. Pada dasarnya semua gambar yang ingin Anda gambar dengan mesin ini perlu dikonversi dalam file Gcode menggunakan INKSCAPE SOFTWARE. aliran Gcode ini pada arduino melalui pemrosesan program GCTRL. dan L293D Perisai motor sesuai dengan instruksi motor stepper cara memindahkan, menggabungkan dan menyinkronkan gerakan steppers berakhir dengan gambar yang bagus. Mesin ini memiliki dua sumbu X-AXIS & Y-AXIS. Sumbu X adalah merencanakan, kertas ditempatkan pada sumbu X. Sumbu Y memegang pulpen. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar ilustrasi di bawah ini!!! Untuk lebi

Ebook Gratis Pengolahan Citra

PRINSIP KERJA GENERATOR BESERTA KONSTRUKSI SISTEMNYA

Berikut ini merupakan pembahasan tentang generator, pengertian generator, generator arus bolak balik, generator arus searah, pengertian alternator, macam-macam generator, jenis-jenis generator, cara kerja generator listrik, cara kerja mesin genset, cara kerja generator ac, prinsip kerja generator dc, prinsip kerja generator ac. Pengertian Generator Alat-alat elektronika, seperti televisi, setrika, radio, lemari es, dan lampu memerlukan energi listrik dapat bekerja. Nah, listrik dihasilkan oleh mesin pembangkit listrik yang dinamakan generator (genset) atau dinamo. Apakah generator itu? Generator adalah mesin yang mengubah energi kinetik atau energi gerak menjadi energi listrik. Generator menghasilkan arus listrik induksi dengan cara memutar kumparan di antara celah kutub utara-selatan sebuah magnet. Jika kumparan diputar, jumlah garis gaya magnetik yang menembus kumparan akan berubah-ubah sesuai dengan posisi kumparan terhadap magnet. Perubahan jumlah garis ga

PEMFILTERAN PADA SINYAL WICARA

MODUL 4 PEMFILTERAN PADA SINYAL WICARA I. TUJUAN Mahasiswa mampu menyusun filter digital dan melakukan pemfilteran pada sinyal wicara II.DASAR TEORI 2.1. Filter IIR Yang perlu diingat disini bahwa infinite inpulse response (IIR) dalam hal ini bukan berarti filter yang bekerja dari nilai negatif tak hingga sampai positif tak hingga.Pengertian sederhana untuk infinite impulse respon filter disini adalah bahwa output filtermerupakan fungsi dari kondisi input sekarang, input sebelumnya dan output di waktu sebelumnya. Konsep ini kemudian lebih kita kenal sebagai recursive filter , yang manamelibatkan proses feedback dan feed forward . Dalam bentuk persamaan beda yangmenghubungkan input dengan output dinyatakan seperti persmaaan (1) berikut ini.      …… (1) dimana: - { b k } koefisien feed forward - { a l } koefisien feed back - banyaknya (total koefisien) = M+N+1 - N ditetapkan sebagai orde filter IIR Untuk merealisasikan ke dalam sebua

CONTO DONGENG SASAKALA

Conto dongeng sasakala Di handap ieu aya sababaraha rupa conto dongeng sasakala di Bahasa sunda. Pek kuhidep klik link di handap ieu sangkan bisa maca carita dina tiap-tiap judul: 1.        Sasakala Gunung Tangkuban Parahu 2.          SasakalaSitu Bagendit 3.          Sasakala Talaga Warna 4.          Sasakala Gunung Gajah 5.        Sasakala Ratna Inten Déwata 6.          Sasakala Cika-Cika Di Cianjur 7.          Sasakala Hayam Pelung 8.          Sasakala Kuda Kosong 9.          Sasakala Béas Pandanwangi 10.      Sasakala Lembur Sabadar 11.      Sasakala Kampung Sodong 12.      Sasakala Leuwi Batok jeung Asal-Usul Cianjur 13.    Sasakala Ciguriang, 14.      Sasakala Cikalong 15.      Sasakala Gunteng, 16.      Sasakala Pasir Panglay, 17.      Sasakala Hegar Manah 18.    Sasakala Gang Laksana 19.    Sasakala Kampung Samolo 20.    Sasakala Kampung Warung Jambu 21.    Sasakala Rancagoong 22.      Sasakala Lembur Cimaja,

soal-soal beserta jawaban teknik tenaga listrik UNIKOM

SOAL SOAL  TRANSMISI: 1.   Transmisi energi listrik jarak jauh dilakukan dengan menggunakan tegangan tinggi, Jelaskan alasan2nya. Jawab: Beberapa alasan Transmisi energi listrik jarak jauh dilakukan dengan menggunakan tegangan tinggi , yaitu: a.   Bila tegangan dibuat tinggi maka arus listriknya menjadi kecil. b.   Dengan arus listrik yang kecil maka ener gi yang hilang pada kawat transmisi (energi     disipasi) juga kecil. c.    J uga dengan arus kecil cukup digunakan    kawat berpenampang relatif lebih kecil, sehingga lebih ekonomis. 2.   Sebutkan komponen utama saluran transmisi. (minimal 4 buah) Jawab:     Komponen-komponen utama : a.   Menara/tiang Transmisi b.   Isolator c.    Kawat Penghantar (Conductor) d.   Kawat Tanah (Ground wire) 3.   Sebutkan kelebihan dan kekurangan Saluran Udara (Overhead Lines) dibanding Saluran Kabel Tanah (Underground Cable). Jawab: Berdasarkan pemasangannya, saluran transmisi dibagi menjadi dua katego

Membuat WIFi Control Arduino Robot Car

Membuat Wifi Control Arduino Robot car NodeMCU ESP8266 dalam mode access point: cara termudah untuk membuat Mobil Robot yang Dikendalikan Wi-Fi dari Bluetooth Arduino Robot Car + Android App. Sebelum anda membuat robot tersebut pertama yang harus anda persipkan adalah 1.       NodeMCU ESP8266 Breakout Board 2.       Arduino UNO dan Genuin UNO 3.       Breadboard generic 4.       Driver motor 5.       Chasis robot 6.       LED 7.       Resistor 221 ohm 8.       Kabel jumper 9.       Batu baterai Dalam proyek saya Smartphone Controlled Arduino 4WD Robot Car Saya mempresentasikan mobil robot Arduino 4WD yang dikontrol smartphone atau robot Bluetooth Arduino . Kemudian saya memutuskan untuk membuat mobil robot yang dikendalikan Wi-Fi dari kamera yang dikontrol Bluetooth. Untuk tujuan ini saya hanya melepas modul Bluetooth dan menambahkan NodeMCU dengan koneksi kawat yang sama (App Andriod yang sesuai sudah dibuat). Dibawah ini ada beberapa blok diagr