Skip to main content

10 Contoh Laporan Tugas Akhir yang Wajib kamu Miliki Khususunya Jurusan Teknik Komputer

loading...

Keyword : Keamanan Jaringan, DMZ, IPS, Firewall 
Url : 
Jaringan Komputer adalah himpunan dari dua atau lebih komputer otonom yang terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. Jaringan komputer tanpa sistem keamanan memiliki kelemahan yang berpotensi menimbulkan ancaman serangan. Perancangan sistem keamanan jaringan yang mampu mencegah ancaman serangan terhadap server dari untrusted network secara otomatis sekaligus melindungi perangkat lain yang ada di jaringan internal adalah solusi bagi administrator untuk mengamankan jaringan yang dikelola. Sistem keamanan ini akan diimplementasi pada PC-router dengan sistem operasi Mikrotik yang di dalamnya diterapkan metode Demilitarized Zone (DMZ) dipadukan dengan Snort sebagai Intrusion Prevention System (IPS). Sistem ini mampu mengenali dan mencegah ancaman serangan pada server berbasis linux Ubuntu. Perancangan Dengan diterapkannya sistem keamanan ini serangan ataupun gangguan yang dilancarkan pada server dapat dicegah dengan segera secara otomatis menggunakan blacklist pada firewall, Selain itu administrator yang berwenang dapat segera diberitahu jika terdeteksi adanya sebuah ancaman pada server. 
Description Alternative :
Computer Networking is the set of two or more autonomous computers that connect and communicate each other. Computer networks without a security system have a weakness, which has a potential to become a threat of attack. The design of network security system that is able to prevent threats of attacks from untrusted network against the server aoutomatically, while protecting other devices on the internal network is the solution for administrators to secure his managed networks. This security system will be implemented on a PC-router that runs Mikrotik Router OS. The system will apply the method of Demilitarized Zone (DMZ) combined with Snort as Intrusion Prevention System (IPS). This system is able to recognize and prevent the threat of attacks on linux ubuntu-based server. With the implementation of this security system, attacks or disturbances that aim the server can be prevented immediately and automatically using the blacklist firewall, In addition, authorized administrators can be notified immediately if a threat is detected on the server. 



Keyword : Smart Warehouse, Android 
Url : 
Gudang merupakan suatu area yang berfungsi untuk menyimpan barang untuk produksi. Barang produksi yang disimpan biasanya dalam jumlah yang banyak dan rentang waktu pendistribusian yang berbeda-beda baik secara internal maupun eksternal. Tidak jarang banyak masalah yang sering terjadi di pergudangan, masalah tersebut ialah pendataan barang yang lambat dan tidak akurat karena pendataan barang masih dilakukan secara manual yaitu menggunakan catatan yang ditulis dengan tangan. Maka oleh karena itu dibangunlah sistem Smart Warehouse berbasis Android, di mana sistem ini menggunakan RFID reader untuk RFID reader membaca data yang ada pada RFID tag, lalu data tersebut akan terkirim melalui jalur komunikasi wifi ke sebuah Personal Computer. Data yang tersimpan di dalam PC dapat ditampilkan ke smartphone dengan menggunakan jalur komunikasi internet Pada aplikasi ini akan terhubung dengan jaringan internet, lalu akan mengambil data dari RFID, kemudian data akan ditampilkan pada aplikasi. Data yang ditampilkan ke user yaitu daftar barang masuk dan daftar barang keluar. Selain itu aplikasi yang dibangun dapat mengaktifkan saklar yang berfungsi untuk mengetahui keberadaan kategori barang dengan memanfaatkan bunyi buzzer.Dari hasil pengujian alpha dengan metode black box yang telah dilakukan dihasilkan aplikasi Smart Warehouse dapat menampilkan data barang masuk, keluar dan melakukan pencarian keberadaan kategori barang.

Description Alternative :
Warehouse is an area that stores goods for production. Production of goods deposited usually in great numbers and span different distribution either internally or externally. Not uncommon to many of the problems that often occur in the warehousing, the problem is a slow freight and logging is not accurate because it captures the goods are still done manually i.e. using notes written by hand. So therefore, android-based Smart Warehouse system, where this system uses RFID reader for RFID reader reads the data on the RFID tag, then the data will be sent through a wifi communication lines to a Personal Computer. Data stored in the PC can be shown to a smartphone by using internet communication lines On this application will be connected to the internet network, and then will take the data from the RFID, then data will be shown on the application. The data that is displayed to the user, namely the list of items of incoming and outgoing goods list. In addition the built application can activate the switch that functions to know the existence of the category of goods by making use of the sound of the buzzer. Results from testing the method with alpha black box has done a Smart Warehouse application can be generated data of incoming, outcoming goods and conduct a search category of goods.


Keyword : Smart Home, GPRS, Jaringan Seluler 
Url : 
Perkembangan teknologi saat ini telah mencakup pada bidang rumah tangga. Saat ini telah berkembang sistem Smart Home yang dapat melakukan pengontrolan pada peralatan rumah tangga dari jarak jauh. Sebelumnya telah ada sistem Smart Home dengan media transmisi berbasis wireless. Sistem ini terhubung secara lokal sehingga memiliki jarak akses yang terbatas. Hal ini memunculkan gagasan untuk membangun sistem komunikasi untuk pengontrolan peralatan rumah tangga berbasis GPRS. Dengan jaringan GPRS jangkauan akses semakin luas selama terhubung dengan jaringan seluler. Tujuan dibuatnya sistem ini adalah untuk melakukan melihat komunikasi data dalam pengontrolan peralatan rumah tangga dengan jaringan GPRS. Karakteristik yang dianalisis dalam sistem ini adalah pengujian Raspberry Pi, pengujian pengontrolan peralatan rumah tangga, serta proses pengiriman data dengan melihat kondisi sinyal dan waktu yang dibutuhkan selama pengiriman data. Dari hasil pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem komunikasi yang tidak dapat diterapkan di semua tempat melainkan pada tempat yang memiliki jangkauan sinyal yang baik. Semakin besar jumlah data yang dikirim maka semakin besar delay yang dihasilkan.
Description Alternative :
Current developments of technology have included in the field of households. Currently, Smart Home system has been developed that can control the home appliances remotely. Previously there has been a Smart Home system with wireless-based transmission media. The system is locally connected so it has limited access range. This problem make the idea to build a communication system for household controlling based on GPRS. With GPRS network the access range is wider as long as it is connected to the mobile network. The purpose of this system is to perform a view of data communications in controlling household equipment with GPRS network. Characteristics analyzed in this system are Raspberry Pi test, household appliance control testing, and data delivery process by looking at signal condition and time required during data transmission. From the test results can be concluded that communication systems that can not be applied in all places but in places that have a good signal coverage. The greater the amount of data sent the greater the delay generated.


Keyword : Smarthome, Raspberry Pi, GPIO (General Purpose Input Output), Sensor.
Url : 
Sebuah rumah pintar atau lebih dikenal dengan smart home adalah sebuah tempat tinggal atau kediaman yang menghubungkan jaringan komunikasi dengan peralatan listrik untuk memungkinkan dikontrol, dimonitor dan diakses dari jarak jauh. Beberapa penelitian tentang smart home sudah banyak dilakukan, namun sistem yang dibuat hanya melakukan pengontrolan saja yaitu mematikan dan menyalakan lampu dari jarak jauh menggunakan perangkat mobile seperti tablet, pc dan smartphone. Kekurangannya belum ditambahkannya sensor pada smart home yang dapat membaca kondisi rumah agar dapat mengontrol peralatan listrik. Salah satu implementasi smart home untuk membantu para ibu rumah tangga bagaimana mengetahui kebocoran gas , dengan menggunakan teknologi dibangun sebuah sistem yang dapat mendeteksi kebocoran gas menggunakan sensor gas, sistem ini juga dilengkapi dengan sensor cahaya dan suhu untuk menyalakan lampu dan kipas secara otomatis, semua sensor terhubung dengan Raspberry Pi dan relay untuk menyalakan atau mematikan lampu dan kipas. Hasil pegujian pengontrolan pada peralatan rumah tangga dengan sensor dapat berjalan dengan baik. Terlihat bahwa pin-pin GPIO yang telah diaktifkan berhasil mengirimkan intruksi untuk mengontrol lampu dan kipas.
Description Alternative :
A smart home or better known as smart home is a residence that connects communication networks with electrical equipment to allow remote control, monitoring and access. Some research on smart home has been done, but the system is made only to control it is to turn off and turn on the light from a distance using mobile devices such as tablets, pc and smartphones. The lack of added sensors on the smart home that can read the condition of the house in order to control electrical equipment. One of the smart home implementations to help housewives know how to leak gas, using technology built a system that can detect gas leaks using gas sensors, this system is also equipped with light and temperature sensors to turn on the lights and fans automatically, all sensors Connect with Raspberry Pi and relay to turn on or off lights and fans. The results of controlling tests on household appliances with sensors can work well. It appears that GPIO pins that have been activated successfully transmit instructions to control the lamp and fan.



Keyword : Smart Warehouse, RFID, Middleware, Web Service. 
Url : 
Perkembangan teknologi saat ini merupakan kebutuhan bagi sebagian orang. Saat ini salah satunya pada teknologi Smart Warehouse yang dapat membantu aktivitas pendataan dan pengelolaan barang pergudangan. Seorang petugas gudang memerlukan teknologi Smart Warehouse untuk mengatasi pendataan barang. Supaya teknologi Smart Warehouse ini berjalan baik diperlukan perancangan sebuah RFID middleware untuk aplikasi Smart Warehouse agar menjembatani antar reader RFID ke aplikasi Smart Warehouse yang terdapat pada Smartphone android dengan menyediakan format data yang dapat dikelola oleh aplikasi android untuk menampilkan data yang terdapat pada database. Dalam perancangan ini memanfaatkan suatu web service, web server dan basis data. Setelah perancangan sistem, dilakukan pengujian RFID Middleware ini dengan membaca data tag RFID dari dua buah reader RFID. Terdapat mekanisme yang ada pada RFID Middleware untuk menjalankan fungsi didalamnya untuk dapat menerima data dari hasil pembacaan. Pada pengujian dilakukan apakah sistem dapat terkoneksi dengan reader RFID. Selain itu , pengujian pembacaan tag RFID secara bersamaan dengan reader RFID pada kategori barang berbeda. Dari hasil pengujian yang dilakukan, maka reader RFID dapat terkoneksi dengan sistem Dengan dibangunnya sistem ini Data pada basis data dapat terkirim dan diterima pada aplikasi smart warehouse android. 
Description Alternative :
The current technological development is a necessity for some people. Currently one on Smart Warehouse technology that can help the logging activities and the management of warehousing the goods. An officer requires Smart Technology Warehouse. Warehouse to address the logging stuff. So this Smart Technology Warehouse went well is required the design of RFID Middleware for application on android Smartphone by providing a data format can be managed by android application to display the data contained in the database. In this design utilizes a web service, web server, and database. After designing a system, RFID Middleware, this testing is done with the data reading RFID tags drom two RFID reader. There are mechanisms that exist in the RFID Middleware to execute a function in, it to be able to receive data from the results of the readings. On testing done whether the system can be connected with a RFID reader. In addition, testing of reading RFID tags with RFID reader simultaneously on different goods categories. From the result of testing that is done, then the RFID reader can connect to the system with the building of this system is the database can be sent and received on the application of smart warehouse android. 


Keyword : Smart Grid, Middleware, Web Services, Web Server, Basis Data
Url : 
Teknologi Smart Grid harus memiliki keandalan dan informasi yang real-time antara gardu listrik dan operator. Terlebih lagi seorang operator membutuhkan fleksibilitas dan mobilitas dari setiap aktivitas pada gardu listrik. Teknologi Smart Grid dapat berjalan maksimal dengan dukungan middleware. Perancangan middleware untuk aplikasi Smart Grid, yakni yang mampu menjadi sebuah jembatan antara beberapa perangkat heterogen dapat menjadi solusinya. Middleware yang dirancang haruslah memiliki data real-time, dapat diakses dengan perangkat heterogen, menyediakan data yang memiliki format umum, hingga mampu menyediakan antarmuka pemantauan gardu listrik. Middleware yang dibangun untuk aplikasi Smart Grid memanfaatkan web server, web services, serta basis data. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dari perancangan middleware untuk aplikasi Smart Grid bahwa middleware yang dibangun mampu berjalan dengan sesuai prosedur dan berhasil menjalankan fungsi-fungsi yang diinginkan berdasarkan perancangan, akan tetapi perancangan middleware masih memiliki kekurangan sumber gardu yang tersedia untuk dilakukan pengolahan data.
Description Alternative :
Smart Grid technology must has reliability and real-time information between electrical substation and operator. Furthermore, operator needs flexibility and mobility from every electrical substation activity. Smart Grid technology can works at maximum state with middleware support. Middleware designing for Smart Grid application, that is it can be bridge between some heterogeneous devices as the solution. The designed middleware must has real-time data, it can accessed by heterogeneous device, provides general format data until the interface monitoring for electrical substation. The established middleware for Smart Grid application utilizes web server, web services, and also database. According to the test result which has been done from middleware designing for Smart Grid application, the established middleware can works in right procedure and succeed to run the desired functions based on designing, however middleware designing still has limit for available substation source for doing data processing.

Keyword : Smart Home, Android, UML
Url : 
Rumah Pintar atau lebih dikenal dengan Smart Home dapat digambarkan sebagai sebuah teknologi yang diimplementasikan kepada lingkungan rumah untuk menyediakan kenyamanan, keamananan, dan meningkatkan kualitas hidup. Permasalahan yang terjadi saat ini pada pemilik rumah adalah kebiasaan pemilik yang meninggalkan rumah, kemudian lupa untuk mematikan peralatan rumah tangga yang dapat mengakibatkan kebakaran. Oleh karena itu pada penelitian ini dibangun sebuah aplikasi berbasis Android yang dapat membantu si pemilik rumah dalam mengontrol dan membuat penjadwalan pada peralatan rumah tangga yang ada di rumahnya. Selain itu pemilik rumah juga dapat menerima informasi berupa pemberitahuan mengenai status kebocoran gas yang akan tampil pada smartphone pengguna. Pemodelan yang digunakan adalah menggunakan Unified Modelling Language (UML), serta pengujian aplikasi menggunakan pengujian alpha dengan metoda blackbox dengan menguji aplikasi.
Description Alternative :
Smart House or better known as Smart Home can be described as a technology that is implemented to the home environment to provide comfort, security, and improve the quality of life. The current problem with the homeowner is the habit of the owner leaving the house, then forgetting to turn off the household appliances that can cause a fire. Therefore in this study built an Android-based app that can help the homeowner in controlling and making scheduling on home appliances in his home. In addition, homeowners can also receive information in the form of notification of gas leakage status that will appear on the user's smartphone. The modeling used is using Unified Modeling Language (UML), as well as testing the application using alpha testing with blackbox method by testing the application. 

Keyword : Arduino, RFID, Smart Warehouse. 
Pergudangan masih memiliki beberapa kendala, salah satunya kesalahan saat pendataan barang dan lamanya mencari keberadaan barang yang ada di pergudangan. Dengan memanfaatkan teknologi jaringan dan computer, maka dirancanglah sebuah sistem yang dapat membantu para pekerja dipergudangan, dengan menggunakan RFID dan buzzer. Pada sistem ini menggunakan dua buah RFID reader dan beberapa RFID tag. RFID tag akan ditempelkan pada setiap kardus dan datanya dikirim ke Personal Computer menggunakan modul Wifi. Data yang sudah dibaca oleh reader akan masuk ke database dan ditampilkan ke smartphone. Sedangkan untuk pencarian keberadaan suatu barang dengan mendengarkan bunyi dari buzzer yang telah terpasang pada setiap rak barang di pergudangan. Hasil pengujian yang telah dilakukan pada sistem ini, RFID reader telah berhasil membaca data pada RFID tag dan data yang tampil pada layar LCD sama dengan data yang ada di database pada Personal Computer. Hasil dari jarak pencarian keberadaan kategori barang menggunakan Bluetooth, pada jarak 5m sinyal kuat, dan jarak >25m sinyal putus. Dengan dibangunnya sebuah sistem ini diharapkan sedikitnya bisa membantu para pekerja dipergudangan, seperti pengiriman data barang baru masuk, data barang keluar melalui RFID dan pencariaan keberadaan suatu kategori barang yang ada di pergudangan.
Description Alternative :
Warehousing still has some constraints, one of these errors when logging stuff and ever seeking the whereabouts of the goods that are in a warehouse. By leveraging the technology of the network and the computer, then the surveyors laid out a system that can help the dipergudangan worker, by using RFID and buzzer. This system uses two RFID reader and RFID tags are few. RFID tag will be affixed on each cardboard and the data is sent to a Personal Computer using Wifi module. Data is already read by the reader will go into the database and shown to the smartphone. While the search for the existence of an item by listening to the sound of the buzzer that had been installed on each shelf of goods in a warehouse. The results of the testing that has been done on these systems, RFID reader has managed to read the data on RFID tags and data which appears on the LCD display the same as the data in the database on a Personal Computer. The results of the search of the existence of categories of goods using Bluetooth, at a distance of 5 m a strong signal, and the distance the signal broke up >25 m. With the building of a system is expected to at least be helping dipergudangan workers, such as the delivery of new goods, data entry, data items out via RFID and pencariaan the existence of a category of goods that are in a warehouse.

Keyword : Sistem Fotolitografi, Arduino Mega, Webcam, 
Pada tugas akhir ini dirancanglah sebuah alat sistem fotolitografi yang berfungsi untuk menyesuaikan pola. Pola yang dibawah harus disesuaikan dengan pola yang di atas. Alat ini menggunakan mikrokontroler arduino mega berfungsi sebagai pengontrol, aplikasi yang dikontrol menggunakan PC telah berhasil menjalankan sistem sesuai yang diinginkan. Kamera atau webcam yang berfungsi untuk memotret pola dapat menampilkan hasil pola yang telah sesuai pada layar aplikasi. Pada pengujian pergerakan kiri, kanan, atas, bawah, dan rotasi setiap pergerakan menghasilkan jarak 1mm. Pada hasil pengujian penyesuian pola dikatakan bahwa pengujian telah berhasil, karena setiap pengujian pola sudah sesuai dengan yang diinginkan.
Description Alternative :
In this final project is designed a tool of photolithography system that serves to adjust the pattern. The pattern below should be adjusted to the above pattern. This tool uses arduino mega microcontroller serves as a controller, the application is controlled using a PC has been successfully run the system as you wish. A camera or webcam that serves to capture patterns can display the results of the appropriate pattern on the application screen. In testing the movement of left, right, up, down, and rotate each movement produces a distance of 1mm. In the test results of pattern adjustment is said that the test in say successful, because each test pattern is in accordance with the desired. 

Keyword : IoT, Gardu Listrik 
Internet of Things (IoT) yang ada di sekitar kita telah berkembang dengan cepat. Perangkat IoT, seperti sensor, sering digunakan di lokasi pengumpulan data. Pentingnya kebutuhan listrik saat ini mengakibatkan pentingnya pemantauan gardu listrik di Indonesia. Sekarang ini jika terjadi kerusakan pada gardu listrik hanya beberapa yang diketahui oleh PLN. Hal tersebut tentunya akan mengganggu kestabilan didalam penyediaan listrik bagi warga sekitarnya. Oleh karena itulah diperlukan sebuah aplikasi yang dapat memberi informasi mengenai kondisi gardu listrik dengan memanfaatkan teknologi IoT. Dengan tujuan aplikasi dapat memantau gardu listrik seperti data pada tegangan, arus, suhu, lokasi, serta notifikasi gangguan pada gardu listrik kapan saja dan dimana saja menggunakan smartphone ber-platform Android. Dari hasil dari pengujian menggunakan pengujian alpha dengan metode blackbox yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa aplikasi telah dapat menampilkan data berdasarkan data tegangan, arus, suhu lokasi, serta aplikasi juga telah dapat menampilkan notifikasi pada gardu listrik.
Description Alternative :
The Internet of Things (IoT) is all around us and quickly expanding. A common application for IoT systems is data collection. IoT devices, such as sensors, are often deployed in locations where data collection is to take place. The importance of current electricity needs has resulted in the importance of monitoring of electrical substations in Indonesia. Currently, if there is damage to electrical substations only some are known by PLN. This will certainly disrupt the stability in the electricity supply for the surrounding residents. Therefore, it is designed and built applications that can provide information about the condition of electrical substations by utilizing IoT technology. Applications can monitor electrical substations such as data on the voltage, current, temperature, location, and notification of interference at electrical substations anytime and anywhere using a smartphone Android platform. Testing of the application is done by using alpha testing with blackbox method obtained the result that the application has been able to display data based on the data voltage, current, temperature location, and the application also has been able to display notifications on electrical substations.
loading...

Comments

POSTINGAN POPULER

Biodata Lengkap Ceng Zam-Zam

 Asalamualaikum,. Hallo Sazam comunity dan para sobat-sobat ku, Sekarang saya mau menulis nieh beberapa Info dan Biodata Ceng zamzam, "Lupa sama temen tuh hal biasa, tapi kalo Lupa sama Ceng zamzam Mana Bisa?" bner gak? hhe.. jangan lupa yah mampir terus ke blog ini.. ya sudahlah Ayo kita Lihat-Lihat Nieh biodata dan Info tentang Ceng Zamzam   Nama Lengkap : Ahmad Zamzam Zainal Mutaqin  Nama Panggilan : Ceng zamzam Atau Azam  Kelas : 10 berinjak ke 11  Anak ke : 1 dari 3 bersaudara Hoby : Mengaji, Olahraga, dll Cita-Cita : Dokter atau Ilmuan T,T,L : Garut,05-Desember-1995 No HP : (0......) Nama Fb : Ceng Zamzam N.twitter : @Ceng Zamzam Alamat    :Kp.Babakan sukaluyu                  Desa.suka Mukti Rt/04 Rw/04                  Kec.Cilawu,Garut-Jawa barat,Indonesia N.pesantren Ceng Zamzam : Madrasah Ashidiqiyyah Prestasi Ceng zamzam : 1.Tahun 2008    Juara I Tilawah Anak-Anak Tingkat NASIONAL Pada FASI (Festival Anak Sholeh)_Di Bekasi 2.Tahun 2009

SAKADANG PEUCANG JEUNG BUAYA

Sakadang Buhaya keur moyan di sisi walungan. Jol sakadang Peucang. “Rék naon Sakdang Peucang ka dieu? Rék maling cai, nya? Di leuweung euweuh cai. Da halodo banget.” Jawab Peucang, “Kuring mah tara nginum deui cai walungan. Komo ayeuna keur saat. Nya teu ngeunah nya loading... kiruh. Ayeuna mah nginum téh cai kalapa. Nya beresih nya ngeunah. Amis.” “Rék naon atuh kadieu?” cék Buhaya. Omong Peucang, “Tadina mah rék ngalalajoan kulit sampéan. Resep ting gareret, hérang. Komo mun katojo ku panonpoé. Euweuh baé nu kulitna alus saperti kulit sampéan. Ngan geuning bet kotor. Pinuh ku leutak.” Omong Buhaya, “Walungan saat. Kuring teu bisa teuteuleuman pikeun meresihan tonggong.” “Emh, lebar. Kulit saalus-alus jadi kotor. Kumaha mun diberesihan ku kuring” ceuk Peucang. “Nya sukur baé ari daek mah,” jawab Buhaya, “kumaha caranya?”, ceuk Buhaya keneh “Kulit tonggong sampéan dikumbah ku kuring. Tapi caina kudu anu beresih. Tuh di tengah!, ceuk Peucang “Pek atuh. G

Sistem Monitoring Dan Pengendalian Beban Daya Listrik Solar Home System (SHS) Menggunakan Mikrokontroler VIA Internet Of Things (IOT)

Pada bab ini akan dijelaskan tentang perancangan system monitoring dan pengendali beban solar home system (SHS) atau pembangkit listrik tenaga surya untuk perumahan. Fungsi dari sistem pengontrolan dan monitoring pada SHS ini yaitu untuk mempermudah pengguna dalam mengatur konsumsi daya yang digunakan sehingga pengguna dapat memaksimalkan pemakaian SHS. Blok diagram merupakan gambaran dasar dari sistem yang akan dirancang. Blok diagram ini dibuat agar mempermudah memahami cara kerja dari sistem yang telah dibuat. Gambar  1. Blok Diagram Sistem Monitoring dan Kontrol SHS     Garis yang berwarna merah merupakan system kerja dari solar home sytem, sedangkan garis yang berwarna biru merupakan alur sistem control dan monitoring SHS. Secara sederhana cara kerja dari solar home system ini adalah sebagai berikut:  1. Panel Surya Panel surya akan mengubah sinar matahari yang mengenai setiap sel surya menjadi arus dan tegangan, namun nilainya tidak konstan. Besar kecil

Bagaimana Cara Membuat CNC dengan menggunakan Arduino

Membuat CNC dengan menggunakan Arduino Proyek ini adalah tentang Bagaimana membuat mesin CNC mini dari OLD SCRAP DVD Drives menggunakan Arduino sebagai otak dari mesin CNC mini ini dan L293D Motor shield digunakan sebagai driver penggerak motor itu sendiri. Sangat menakjubkan melihat bagaimana mesin kecil ini menggambar gambar dengan sangat baik dengan akurasi yang baik. Pada dasarnya semua gambar yang ingin Anda gambar dengan mesin ini perlu dikonversi dalam file Gcode menggunakan INKSCAPE SOFTWARE. aliran Gcode ini pada arduino melalui pemrosesan program GCTRL. dan L293D Perisai motor sesuai dengan instruksi motor stepper cara memindahkan, menggabungkan dan menyinkronkan gerakan steppers berakhir dengan gambar yang bagus. Mesin ini memiliki dua sumbu X-AXIS & Y-AXIS. Sumbu X adalah merencanakan, kertas ditempatkan pada sumbu X. Sumbu Y memegang pulpen. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar ilustrasi di bawah ini!!! Untuk lebi

Ebook Gratis Pengolahan Citra

PRINSIP KERJA GENERATOR BESERTA KONSTRUKSI SISTEMNYA

Berikut ini merupakan pembahasan tentang generator, pengertian generator, generator arus bolak balik, generator arus searah, pengertian alternator, macam-macam generator, jenis-jenis generator, cara kerja generator listrik, cara kerja mesin genset, cara kerja generator ac, prinsip kerja generator dc, prinsip kerja generator ac. Pengertian Generator Alat-alat elektronika, seperti televisi, setrika, radio, lemari es, dan lampu memerlukan energi listrik dapat bekerja. Nah, listrik dihasilkan oleh mesin pembangkit listrik yang dinamakan generator (genset) atau dinamo. Apakah generator itu? Generator adalah mesin yang mengubah energi kinetik atau energi gerak menjadi energi listrik. Generator menghasilkan arus listrik induksi dengan cara memutar kumparan di antara celah kutub utara-selatan sebuah magnet. Jika kumparan diputar, jumlah garis gaya magnetik yang menembus kumparan akan berubah-ubah sesuai dengan posisi kumparan terhadap magnet. Perubahan jumlah garis ga

PEMFILTERAN PADA SINYAL WICARA

MODUL 4 PEMFILTERAN PADA SINYAL WICARA I. TUJUAN Mahasiswa mampu menyusun filter digital dan melakukan pemfilteran pada sinyal wicara II.DASAR TEORI 2.1. Filter IIR Yang perlu diingat disini bahwa infinite inpulse response (IIR) dalam hal ini bukan berarti filter yang bekerja dari nilai negatif tak hingga sampai positif tak hingga.Pengertian sederhana untuk infinite impulse respon filter disini adalah bahwa output filtermerupakan fungsi dari kondisi input sekarang, input sebelumnya dan output di waktu sebelumnya. Konsep ini kemudian lebih kita kenal sebagai recursive filter , yang manamelibatkan proses feedback dan feed forward . Dalam bentuk persamaan beda yangmenghubungkan input dengan output dinyatakan seperti persmaaan (1) berikut ini.      …… (1) dimana: - { b k } koefisien feed forward - { a l } koefisien feed back - banyaknya (total koefisien) = M+N+1 - N ditetapkan sebagai orde filter IIR Untuk merealisasikan ke dalam sebua

CONTO DONGENG SASAKALA

Conto dongeng sasakala Di handap ieu aya sababaraha rupa conto dongeng sasakala di Bahasa sunda. Pek kuhidep klik link di handap ieu sangkan bisa maca carita dina tiap-tiap judul: 1.        Sasakala Gunung Tangkuban Parahu 2.          SasakalaSitu Bagendit 3.          Sasakala Talaga Warna 4.          Sasakala Gunung Gajah 5.        Sasakala Ratna Inten Déwata 6.          Sasakala Cika-Cika Di Cianjur 7.          Sasakala Hayam Pelung 8.          Sasakala Kuda Kosong 9.          Sasakala Béas Pandanwangi 10.      Sasakala Lembur Sabadar 11.      Sasakala Kampung Sodong 12.      Sasakala Leuwi Batok jeung Asal-Usul Cianjur 13.    Sasakala Ciguriang, 14.      Sasakala Cikalong 15.      Sasakala Gunteng, 16.      Sasakala Pasir Panglay, 17.      Sasakala Hegar Manah 18.    Sasakala Gang Laksana 19.    Sasakala Kampung Samolo 20.    Sasakala Kampung Warung Jambu 21.    Sasakala Rancagoong 22.      Sasakala Lembur Cimaja,

soal-soal beserta jawaban teknik tenaga listrik UNIKOM

SOAL SOAL  TRANSMISI: 1.   Transmisi energi listrik jarak jauh dilakukan dengan menggunakan tegangan tinggi, Jelaskan alasan2nya. Jawab: Beberapa alasan Transmisi energi listrik jarak jauh dilakukan dengan menggunakan tegangan tinggi , yaitu: a.   Bila tegangan dibuat tinggi maka arus listriknya menjadi kecil. b.   Dengan arus listrik yang kecil maka ener gi yang hilang pada kawat transmisi (energi     disipasi) juga kecil. c.    J uga dengan arus kecil cukup digunakan    kawat berpenampang relatif lebih kecil, sehingga lebih ekonomis. 2.   Sebutkan komponen utama saluran transmisi. (minimal 4 buah) Jawab:     Komponen-komponen utama : a.   Menara/tiang Transmisi b.   Isolator c.    Kawat Penghantar (Conductor) d.   Kawat Tanah (Ground wire) 3.   Sebutkan kelebihan dan kekurangan Saluran Udara (Overhead Lines) dibanding Saluran Kabel Tanah (Underground Cable). Jawab: Berdasarkan pemasangannya, saluran transmisi dibagi menjadi dua katego

Membuat WIFi Control Arduino Robot Car

Membuat Wifi Control Arduino Robot car NodeMCU ESP8266 dalam mode access point: cara termudah untuk membuat Mobil Robot yang Dikendalikan Wi-Fi dari Bluetooth Arduino Robot Car + Android App. Sebelum anda membuat robot tersebut pertama yang harus anda persipkan adalah 1.       NodeMCU ESP8266 Breakout Board 2.       Arduino UNO dan Genuin UNO 3.       Breadboard generic 4.       Driver motor 5.       Chasis robot 6.       LED 7.       Resistor 221 ohm 8.       Kabel jumper 9.       Batu baterai Dalam proyek saya Smartphone Controlled Arduino 4WD Robot Car Saya mempresentasikan mobil robot Arduino 4WD yang dikontrol smartphone atau robot Bluetooth Arduino . Kemudian saya memutuskan untuk membuat mobil robot yang dikendalikan Wi-Fi dari kamera yang dikontrol Bluetooth. Untuk tujuan ini saya hanya melepas modul Bluetooth dan menambahkan NodeMCU dengan koneksi kawat yang sama (App Andriod yang sesuai sudah dibuat). Dibawah ini ada beberapa blok diagr